Semua informasi finansial pinjaman online

Selasa, 10 Januari 2023

PERBEDAAN PINJOL LEGAL DAN PINJOL ILEGAL

Saat ini hampir semua orang familiar dengan pinjol atau pinjaman online. Secara singkat Pinjol atau pinjaman online adalah sebuah layanan pinjam uang secara online yang disediakan oleh penyedia jasa keuangan tanpa jaminan atau agunan.

Akhir akhir ini orang orang lebih memilih pinjol ketika membutuhkan dana untuk tujuan apapun. Salah satu alasan nya tentu saja karna praktis. Tidak perlu jaminan dan pasti nya proses yang sangat cepat bahkan hanya dalam hitung an jam uang sudah di Trf ke rekening kita

Nah yang perlu kalian tau pinjamam online itu ada 2 jenis. Ada pinjaman online legal atau resmi, dan ada pinjaman online ilegal atau tidak resmi.

Tapi apa sih perbedaan dari kedua pinjol tersebut?

>Supaya kalian gak salah pilih layanan pinjol, lebih baik ketahui dulu perbedaan pinjaman online legal dan pinjaman online ilegal.
  1. Pinjaman online legal atau resmi sudah pasti terdaftar dan berijin OJK atau otoritas data keuangan. Yang berarti semua transaksi nya di awasi dan mengikuti ketentuan yang di berikan OJK. Sementara pinjol ilegal, sebalik nya tidak terdaftar dan berijin OJK.
  2. Kebanyakan pinjol legal akan melakukan penawaran melalui layanan promosi secara resmi. Berbeda dengan pinjol ilegal, mereka biasanya melakukan penawaran melalui sms ataupun whatsapp secara massive.
  3. Dari segi persyaratan, kebanyakan pinjol legal meminta data yang lebih lengkap sebagai syarat peminjam an. Sementara pinjol ilegal biasa nya cukup ktp dan akses data pribadi handphone saja pinjaman sudah bisa di ajukan.
  4. Pinjol legal memiliki kebijakan, apabila kita tidak mampu membayar pinjaman yang diajukan setelah batas waktu 90 hari maka data pribadi kamu akan dilaporkan dan masuk ke bi checking ( atau slik OJK) . Sehingga kamu akan sulit untuk melakukan pinjaman lagi ke tempat lainnya. Sementara pinjol ilegal akan melakukan penagihan dengan cara apapun apabila kamu tidak mampu membayar pinjaman sesuai dengan batas waktu yang diberikan.
  5. Dari tempo pengembalian dana, pinjol legal biasanya akan memberikan waktu pengembalian dana lebih lama dari pinjol ilegal. Utk pinjol legal Biasa nya berkisar dari 1 bulan sampai Dengan 24 bulan, sementara pinjol ilegal biasa nya durasi tersingkat nya hanya 7 hari dan terlama biasa nya hanya 30 hari.
  6. Kemungkinan persetujuan dana pinjol ilegal biasa nya jauh lebih mudah tapi dengan bunga yang cukup tinggi. Sementara pinjol legal biasa nya cukup ketat namun dengan bunga yang lebih kecil kecil jika di banding kan dengan pinjol ilegal.
  7. Pinjol legal mengantongi identitas pengurus dan alamat kantor yang jelas, sedangkan pinjol ilegal tidak memiliki identitas pengurus dan alamat kantor nya juga tidak jelas
 Nah.. Secara garis besar itulah beberapa perbedaan pinjol ilegal dan pinjol legal yang harus kalian ketahui sebelum memutuskan untuk meminjam dana di pinjaman online.

Sesuai kan jenis pinjaman yang kalian butuhkan dengan kemampuan bayar.

Tonton video di youtube untuk informasi dan tips seputar finansia lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comment di sini ya boss (^v^)V hehe..